Selasa, 12 April 2011

Trading System, apa kelemahannya dan bagaimana mengatasinya?



Semakin lama anda bertrading maka semakin banyak anda belajar. Sehingga suatu saat nanti anda memiliki sistem trading yang unik untuk anda miliki. Namun jangan lupa untuk mengetahui kelemahan dari sistem trading anda.
Menjadi suatu hal yang naif sekaligus konyol apabila kita mendengar statement:

“Trading system saya sudah sempurna.”
“Trading system saya 100% profit.”
“Trading system saya 0% loss.” (kecuali kalau dia sendiri tidak pernah trading dengan sistemnya sendiri)
“Trading system saya tidak ada cacat”

Maka untuk menafsirkan statement-statement diatas dengan akal sehat ada 3 pilihan:
1.         Dia benar-benar tidak tahu kelemahan sistem tradingnya sendiri.
2.         Dia tidak cukup statistik (minimal dicoba 50x trading) dan waktu yang cukup (minimal 1 bulan) untuk menguji sistemnya hingga layak dianggap mendekati kondisi stabil.
3.         Tidak membuat level SL dan TP untuk mengindikasikan bahwa sistemnya tidak terkendali dan tergolong sistem scalper yang hanya membuat kondisi tidak nyaman karena khawatir dan menghabiskan waktu kita untuk selalu memonitoring harga.
4.         Tidak ada support blog atau website yang menyatakan bahwa sistemnya masih efektif hingga sekarang dan bisa dipantau kebenarannya sewaktu-waktu. Terutama di pair manakah hari itu ia memasang posisi? Lalu kita bisa lihat bagaimana akhir nasib pair tersebut.
5.         Dia memiliki niat tidak baik (baca: menipu. Masih ingat artikel saya yang berjudul “Mewaspadai Kebohongan/Penipuan Berkedok Bisnis dan Investasi Valas/Forex) ?”
Apakah anda percaya suatu sistem buatan manusia yang benar-benar sempurna di muka bumi ini?
Akal sehat yang jernih dan bijaksana akan mampu menjawabnya. Yang terpenting adalah anda tahu kelemahan sistem trading yang sedang anda jalankan, dan tahu bagaimana mengatasi kelemahan tersebut.

NB: hal yang sama berlaku untuk Expert Advisor (EA) alias robot trading.


2 komentar:

  1. tidak ada suatu sistem trading yang holy grail dan anti kerugian, karena gimanapun juga ada kelemahanya sebagai konsekuensi dari pergerakan market. oleh karena itulah perlu upaya terus melatihnya di octafx supaya bisa bertahan dengan baik

    BalasHapus
  2. Konyol memang gan soalnya traders sukses pun tetap mengalami kerugian. Saya pun bisa memperoleh hasil trading yang baik secara konsisten di Gainscopefx.com tetap saja tidak terhindar dari yang namanya loss atau kerugian.

    BalasHapus