Sabtu, 02 April 2011

Kaizen (Perbaiki Sistem Trading Anda Terus Menerus)

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing dengan kata ini. Secara sederhana pengertian Kaizen adalah usaha perbaikan berkelanjutan untuk menjadi lebih baik dari kondisi sekarang. Ada juga orang yang menyebutnya dengan istilah Kaizen Teian yang artinya: "Kaizen" berarti "perbaikan terus-menerus", sementara "teian" artinya "sistem". Jadi, kalau boleh kita summary kan Kaizen Teian artinya adalah suatu sistem perusahaan yang komprehensif yang dilakukan dalam rangka perbaikan terus menerus untuk mencapai kondisi yang lebih baik dari hari ini.
Kaizen adalah suatu filosofi dari Jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam bisnis.
Kaizen berasal dari Bahasa Jepang yaitu kai artinya perubahan dan zen artinya baik. Di Cina kaizen bernama gaishan di mana gai berarti perubahan / perbaikan dan shan berarti baik / benefit. Kaizen merupakan aktivitas harian yang pada prinsipnya memiliki dasar sebagai berikut :
1. Berorientasi pada proses dan hasil.
 2. Berpikir secara sistematis pada seluruh proses.
 3. Tidak menyalahkan, tetapi terus belajar dari kesalahan yang terjadi di lapangan.
Kaizen menekankan pola pikir berorientasi proses, karenanya harus disempurnakan terus menerus agar hasil dapat meningkat. Kegagalan dari hasil, berarti kegagalan dalam proses, kegagalan pada upaya manusianya, sangat berbeda dengan orientasi hasil (by objective) semata-mata.
 Masalah adalah kumpulan sesuatu yang berharga yang memicu ”ide perbaikan” tiba-tiba menjadi muncul. Biasanya kalau tidak mengalami kesulitan, maka “ide perbaikan” tidak akan muncul.
Bila ada kesalahan segera perbaiki. Pertanyakan cara kerja yang sekarang, lebih baik memikirkan cara untuk melaksanakan perbaikan dari pada mencari alasan mengapa tidak bisa. Hindarkan alasan-alasan/teori klasik.
Jangan mengandalkan uang untuk Kaizen, lebih baik melakukan Kaizen pekerjaan dulu dari pada equipment. Dan yang terpenting, jangan menunggu sempurna, 50% saja juga boleh, segera lakukan.
Kaizen itu tidak terbatas, karena ruang yang paling luas di dunia ini adalah ruang untuk membuat perbaikan. Disini rumus yang digunakan adalah “dibanding ‘pengetahuan’ 1 orang masih lebih baik ‘ide’ 10 orang”. Jadi kalau ada seminar-seminar tentang teknik dan strategi trading yang memperkaya strategi trading anda, pertimbangkanlah untuk berpartisipasi.
Penerapan Kaizen
Dalam menerapkan Kaizen, dikenal dua prinsip. Pertama, perlu proses atau cara kerja yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan proses yang baik, para pemimpin perusahaan perlu mengetahui sumber masalah-masalah, kemudian meminta ide/gagasan/solusi dari semua karyawannya. Bagaimanapun juga, merekalah yang menjalani pekerjaan sehari-hari/dekat dengan pekerjaannya. Biasanya, solusi terbaik adalah solusi yang paling sederhana, logis, dan mudah dilaksanakan. Kedua, memilih gagasan-gagasan yang bisa dilaksanakan, "mengeksekusinya", dan bersabar menunggu hasilnya.
Tahukah Anda, perusahaan otomotif raksasa, Toyota, menerima 2 juta ide per tahun, dari para karyawannya! Sebanyak 80% berhasil dilaksanakan. Ternyata, satu perbaikan kecil dapat menghasilkan akibat yang besar! Waktu dan uang dapat dihemat. Para karyawan mereka pun semakin bersemangat kerja, karena mereka melihat ide-ide mereka diterima dan dilaksanakan oleh perusahaan.
Sadarilah banyak orang yang memiliki pengalaman trading lebih lama dari anda, ada banyak orang yang memiliki pengalaman riset lebih lama dari anda, banyak orang yang lebih banyak mendapatkan profit dari anda, dan banyak orang yang memiliki sistem trading lebih bagus dari anda. Jadi teruslah belajar.
Begitu juga anda harus terus menerus memperbaiki sistem trading anda. Anda bisa memperbaikinya melalui pelatihan, forum diskusi, seminar-seminar trading, andapun kalu mau maju harus mau mendengarkan ide/saran orang lain, berusaha memberikan feed back yang membangun, sekaligus terus memotivasi diri sendiri.
Hasil Penerapan Kaizen
Wah, tampaknya Kaizen memang sangat menarik! Apakah kita bisa segera mendapatkan hasilnya secara instan? TIDAK. Hasil dari perbaikan terus menerus ala Kaizen tidak dapat Anda dapatkan dalam waktu semalam. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda sebaiknya menggunakan model spesifik Kaizen yang tepat untuk perusahaan/organisasi Anda, serta mau menjalani proses bertahap.
Seperti saya jelaskan tadi diatas. bahwa continuous improvement process atau kaizen adalah suatu metode perbaikan terus menerus dari standard yang telah ada dengan tujuan untuk mencapai kondisi yang lebih baik.

2 komentar:

  1. dalam melakukan trading tentu harus ada perbaikan karena memang tidak bisa langsung sempurna dalam penerapanya, seperti juga dalam melatih sistem trading di octafx yang terus mengalami perbaikan

    BalasHapus
  2. Kunci untuk bisa sukses itu jelas kita bisa terus memperbaiki kemampuan trading kita. Dengan perbaikan yang terus kita lakukan maka tentunya hasil trading pun bisa kita peroleh semakin baik seperti yang juga telah saya rasakan ketika menjalani kegiatan trading saya di Gainscopefx.com.

    BalasHapus