Rabu, 10 Agustus 2011

Uniknya Perilaku Komoditi Emas (Gold)



Beberapa hari terakhir kita dibuat heran oleh perilaku pergerakan pasar yang hampir tiap harinya membuat rekor harga tertinggi baru sepanjang sejarah. Saat ini harga emas dunia di pasaran internasional telah menembus pada level USD 1800/troy Ounce.
Beberapa waktu yang lalu, ketika emas menyentuh kisaran level USD 1500 banyak pelaku pasar berpendapat bahwa harga logam mulia ini sudah terlalu mahal. Ini akan membuat para pedagang emas konvensional akan panik karena mereka akan banyak terjadi aksi taking profit (masyarakat ramai-ramai menjual kembali emas mereka) dibandingkan dengan aksi beli pasar.
Bisa dibayangkan bagaimana ketika pedagang banyak membeli dengan harga tinggi dan hanya melayani sedikit penjualan? Tentu teorinya mereka akan mengalami run out of cash. Hal ini akan mengakibatkan harga emas akan tertekan kembali ke “harga wajar”.
Hal ini ternyata benar, ketika awal mei ketika emas mencapai USD 1570 an terjadi koreksi pasar yang cukup tajam yaitu menjadi USD 1460 an dalam waktu hanya 4 hari (2 mei 2011 s/d 5 mei 2011). Untuk pulih di posisi semula membutuhkan waku sekitar 70 hari yaitu pada tanggal 13 Juli 2011. Setelah itu hampir tiap hari harga emas  membuat rekor harga tertinggi baru sepanjang sejarah.
Sepertinya rekor harga emas akan terus sering tertembus beberapa tahun kedepan seiring belum adanya revolusi ekonomi dari AS dan Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar