Minggu, 17 April 2011

Analisa Fundamental Kelebihan dan kekurangannya



            Setelah puas membahas kelebihan dan kekurangan strategi teknikal, kini saatnya membahas kelebihan dan kekurangan strategi fundamental:
Kita bahas dulu keunggulan utama dari strategi fundamental, sayangnya saya hanya menemukan 1 (satu, ya benar-benar hanya satu)kelebihan saja.
            Analisa fundamental mampu memberikan arah tren besar (big trend) pergerakan harga berdasarkan “news”. Ini karena konsep analisa ini fokus pada “penggerak harga”.
            Kekurangan analisa ini adalah:
1.        Analisa ini hanya mampu menjelaskan arah pergerakan namun tidak mampu menjelaskan sampai level manakah harga akan bergerak.
2.        Tidak semua “news” mampu menggerakkan harga apalagi menggerakkan secara signifikan. Banyak sekali kriteria “news” yang digolongkan mempu menggerakkan harga karena meliputi bidang ekonomi, kemanan dan kondisi politik suatu negara. Misalnya: “pengumuman Suku bunga bank sentral Negara yang bersangkutan (the Fed di AS misalnya), Serangan teroris di WTC AS tahun 2001, bencana tsunami besar di Jepang tahun 2011, dan lain-lain.
3.        Harus mampu menahan posisi hingga berhari-hari bahkan tidak jarang sampai berbulan-bulan. Karena jenis anlisa ini sangat-sangat “long term”.
4.        Harus Selalu Up Date dalam berita sehingga seringkali kita harus selalu sedia membawa gadget dan berlangganan media informasi online tertentu.

3 komentar:

  1. news merupakan sesuatu yang cukup mengerikan bagi banyak trader , namun jika kita mempelajari secara bertahap maka bisa saja kemudian news ini dimanfaatkan dengan baik , dalam trading di octafx juga ada beberapa news yang biasa dimanfaatkan untuk mendapat profit dengan cukup baik

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Analisa fundamental itu memang selain ada kelebihan juga memiliki kekurangan, berkat kekurangannya itu lah sebaiknya tidak digunakan sendiri. Paling baik tentunya jika analisa fundamental dapat dikombinasikan dengan analisa teknikal seperti yang juga saya coba lakukan ketika trading di Gainscopefx.com, dimana berkat itu lah saya bisa lebih terbantu untuk dapat memprediksi pergerakan pasar dengan lebih akurat.

    BalasHapus