Kamis, 07 April 2011

Jebakan False Signal

False Signal adalah sinyal palsu yang diberikan oleh formasi candlestick, indicator, atau tidak tercapainya target profit yang berbasis level Fibonacci. Sinyal palsu ini biasanya diakibatkan oleh news atau ulah sekumpulan spekulan yang bermodal besar yang mengambil posisi trading yang melawan arus, sehingga mengacaukan “perhitungan/prediksi pergerakan harga alami”
Salah satu cerita spekulasi perdagangan valas yang paling terkenal adalah saat George Soros melakukan short Poundsterling yang mampu mematahkan pertahanan bank sentral Inggris (BOE). Pada bulan September 1992, Soros dan beberapa spekulator lain mulai melakukan akumulasiposisi short selling pada pound dengan asumsi bahwa ekonomi UK sedang dilanda inflasi tinggi dan anjloknya sektor properti (persis seperti yang terjadi di USA tahun 2008). Namun, BOE berusaha mempertahan kan kestabilan nilai Poundsterling dengan mengintervensi pasar.
Pada tanggal 13 September 1992, sekarang terkenal sebagai "Black Wednesday", beberapa pemain besar termasuk Soros dan Goldman Sachs mengetahui bahwa Poundsterling tidak akan mampu dipertahankan selamanya oleh BOE, sehingga mereka memutuskan untuk berspekulasi menyerang pound secara besar-besaran. Soros mempunyai cadangan uang yang sangat banyak dan membeli kemudian menjual Poundsterling yang mempunyai nilai sekitar 10 milliar Poundsterling. Banyak spekulan yang kebingungan darimana Soros bisa memiliki uang dalam jumlah besar.
Menteri keuangan Inggris saat itu berusaha meredam serangan ini dengan mencoba membangkitkan demand akan Poundsterling melalui kenaikan suku bunga yang dilakukan tidak hanya sekali, namun dua kali dalam sehari. Tetapi hasilnya nihil, pada malam harinya semua menjadi jelas bahwa departemen keuangan dan bank sentral tidal mampu untuk mengangkat nilai pound, sehingga menyebabkan mereka melempar handuk tanda menyerah. Sejak itu pound bebas diperdagangkan, tidak lagi berada pada suatu kisaran tertentu. Pemerintah Inggris diberitakan mengalami kerugian hingga 3 milyar pound dalam upaya mengangkat nilai mata uangnya, sementara Soros tersenyum menikmati profit sekitar $1 milyar.
Dunia perdagangan valas dewasa ini bagaikan dikontrol para fund manager besar yang disebut Big Boss. Menurut Theo F. Thoemion (salah satu milyarder Indonesia dari valas), jumlah Big Boss yang tercatat tahun 2007 adalah 2.500 orang. akumulasi modal mereka sekitar AS $ 1.300 miliar, dan dalam keadaan terpaksa bisa mendapat pinjaman hingga 10 kali lipatnya. Jumlah ini sungguh raksasa, sebab cadangan devisa negara-negara kaya yang tergabung dalam OECD pun kalau digabung tak lebih dari AS $ 700 miliar. Maka bisa dibayangkan betapa konyolnya gagasan untuk melawan spekulan dengan cadangan devisa hanya AS $ 20 miliar, misalnya.
Kesimpulannya adalah dengan modal raksasa yang dimiliki para big boss, akan mampu mendapatkan keuntungan walaupun dengan melawan arah big tren walaupun hanya sementara. Karena para big boss ini bermain secara spekulatif dan akan kembali menarik dananya dalam waktu singkat.
Cara untuk meminimalisir jebakan False signal ini adalah berhenti bertrading secara agresif yang mengandalkan sinyal di time frame di bawah H1. Namun bukan berarti hal tersebut menjadi jaminan anda 100% terbebas dari jebakan false signal. Itu hanya akan memperkecil reikonya. Karena False Signal bisa muncul di semua time frame.

4 komentar:

  1. traidng denga time frame yang rendah memang resikonya riskan sekali untuk mendapatkan sinyal yang sulit dipercaya sehingga sebaiknya trader biasa memanfaatkan dua timeframe dalam memahami market seperti juga yang biasa dilakukan di octafx

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Trade share CFDs

    Trade CFDs on shares of the world’s largest companies. By trading share CFDs, you gain access to the stock market and trade on the price movements on shares of companies. Our MT4, MT5 and Webtrader platforms allow you to trade shares of 250+ companies from global markets such as USA, UK, Europe and Asia.

    BalasHapus
  4. False signal memang adalah hal yang harus dapat kita hindari sebisa mungkin. Untuk itu baiknya saya pikir gunakan beberapa cara analisa, minimal cara analisa teknikal dengan cara lain dalam analisa teknikal atau dikombinasikan dengan analisa fundamental. Soalnya cara tersebut membuat saya bisa lebih baik dalam menghindari false signal ketika trading di Gainscopefx.com sehingga dapat memperoleh hasil trading yang baik.

    BalasHapus