Minggu, 29 Mei 2011

SUDAHKAH ANDA MEMILIKI TRADING PLAN?

Apa saja hal yang perlu ada dalam sebuah trading-plan:
1. Durasi
Sebuah trading plan harus memiliki durasi, trading-plan tidak berlaku seumur hidup. Anda bisa menetapkan durasi trading-plan untuk sehari, seminggu, 2 minggu 1 bulan atau 3 bulan. Tapi untuk tahap awal mungkin cukup anda tetapkan durasi trading-plan selama 1 – 2 minggu saja.
2. Sistem trading
Ini adalah jantung dari sebuah trading plan. Sistem trading ini hendaknya merupakan sebuah sistem yang telah anda uji pada account demo dan memberikan hasil yang baik. Jika anda belum menemukan sistem trading ini, buatlah terlebih dahulu karena tanpa itu anda tidak akan memiliki trading plan.
3. Kondisi trading
Dalam trading plan tuliskan juga kondisi trading seperti equity yang tersedia, jadwal waktu trading, dan sebagainya.
4. Target profit
Tetapkan juga target profit yang ingin dicapai selama durasi trading-plan. Mulai dari target harian sampai ke target keseluruhan trading plan.
5. Resiko & Drawdown Maksimum
Anda juga perlu mengantisipasi kondisi terburuk dengan menetapkan batasan resiko setiap transaksi, resiko harian, serta drawdown maksimum. Terutama anda harus menuliskan secara spesifik apa yang harus dilakukan jika drawdown maksimum tercapai. Jika ini tidak dilakukan anda dapat dengan mudah melanggar batasan drawdown maksimum dan mungkin akan mengalami kerugian fatal.
6. Evaluasi & Perbaikan

Apa untungnya memiliki sebuah trading-plan? 
Apabila anda mempraktekannya dengan disiplin ini adalah alat bantu utuk mendapat meraih sukses dan keuntungan yang konsisten. Bukankah itu yang selama ini dicari dalam trading?

4 komentar:

  1. dalam trading ini sebaiknya trader mempunyai skenario yang jelas dan terarah sehingga tidak akan asal saja dalam memanfaatkan modalnya, dan upaya ini mermerlukan banyak latihan sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu hal ini lebih nyaman dilakukan dengan memanfaatkan akun demo Octafx secara rutin dengan memakai mata uang yang pergerakannya stabil dan mempunyai spread rendah

    BalasHapus
  2. kalo pas ada news pasti ane nyusun strategi trading dulu, apalagi saat pemilu capres AS kemarin, pair satu kena TP , pair yang lain kena SL nya , yang penting bisa seimbang buat trading selanjutnya di CentroFX

    BalasHapus
  3. tentu saja dalam menjalankan bisnis forex yang baik dan benar itu, perlu adanya perencanaan dan strategi yang bagus, supaya nantinya bisa menjalankan tradingnya dengan nyaman dan aman. oleh sebab itulah yang harus pertama harus memanfaatkan fasilitas akun demo broker gainscopefx agar bisa menyusun rencana dan strategi yang bagus.

    BalasHapus
  4. tentu karena ketika melakukan trading dengan baik, perlu adanya perencanaan dan strategi yang bagus. saya sebagai trader FXB Trading juga memiliki banyak perencanaan dan strategi ketika melakukan trading.

    BalasHapus