Kamis, 15 Maret 2012

PSIKOLOGI TRADING


Apakah yang membedakan anda bertransaksi di demo account dan di real account?
Jawabnya adalah psikologi trading. Apabila seseorang meraih sukses yang besar secara manual (tidak dengan EA) dalam domo account maka hal yang serupa biasanya sangat sulit terjadi kembali dalam real account. Terutama apabila real account tersebut trmasuk kategori standard account. Berrikut ini akan diuraikan seputar klasifikasi psikologi trading:
1. Takut akan loss. Sehingga tidak berani mengeksekusi transaksi.
2. Panik karena floating loss yang besar. Sehingga tidak sabar melihat floating trading yang minus.
3. Nafsu balas dendam (setelah loss, terutama dengan volume cukup besar).
4. Terburu-buru eksekusi tanpa perhitungan matang. karena terlalu takut kehilangan momentum pergerakan harga tanpa sempat berhitung resiko.
5. Serakah (masih menginginkan volume profit yang besar lagi dari pada rencana awal, sehingga yang terjadi malah profit menjadi berkurang atau malah loss).

Kesimpulan dan saran:
1. Jangan menaruh seluruh harta anda ke dalam trading.
2. Gunakan volume transaksi yang wajar. Sehingga anda bisa bertransaksi dengan nyaman.
3. Perhitungkan rasio risk and reward, sebelum eksekusi tarnsaksi.
4. Pastikan kondisi fisik anda dalam keadan baik. Jangan biarkan anda mengambil keputusan saat tubuh anda mengantuk atau kelelahan sehingga mempengaruhi ketelitian anda dalam mengambil keputusan.
5. Jangan meaksakan diri anda bertransaksi apabila anda dikuasai oleh emosi-emosi negatif seperti marah dan sedih. Sehingga keputusan anda dapat memberikan objetifitas tinggi.
6. Pertimbangkan untuk mempergunakan EA (Expert Advisor), namum berhati-hatilah dalam memilih EA. EA yang buruk hanya akan menguras deposit anda.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Kondisi psikologis yang baik itu sangat kita perlukan agar kita bisa tetap disiplin dalam menjalankan kegiatan trading kita. Soalnya disiplin adalah kunci agar kita bisa menerapkan strategi trading kita dengan baik sehingga dapat memberikan hasil yang optimal. Itu lah alasannya mengapa saya selalu berusaha menjaga kondisi psikologis agar tetap baik pada saat menjalani kegiatan trading saya di Gainscopefx.com supaya bisa memperoleh hasil trading yang optimal.

    BalasHapus