Kamis, 31 Maret 2011

Menggunakan Stop Loss dan Target Profit dalam Trading yang Terkendali


Stop loss (SL) merupakan fasilitas yang disediakan oleh platform untuk membatasi kerugian yang mungkin terjadi dalam posisi kita ketika terjadi kesalahan dalam memprediksi pergerakan harga. Sedangkan Targat Profit berguna untuk menentukan pada harga kita hendak melakukan taking profit. Kedua fasilitas ini umum tersedia pada platform valas trading utamanya apabila anda menggunakan platform trading MT4.

Target profit adalah order untuk melikuidasi suatu posisi secara otomatis pada target harga tertentu ketika trader telah memperoleh sejumlah profit. Stop Loss adalah order untuk melikuidasi suatu posisi secara otomatis pada harga tertentu untuk membatasi kerugian yang mungkin terjadi jika market bergerak berlawanan dengan posisi trader.
Banyak trader pemula yang menghindari pemakaian SL karena takut sering rugi, akibatnya dana deposit kebanyakan dari mereka amblas hanya dalam dua atau tiga kali trading saja. Menghindari pemakaian SL sama artinya anda berkendara tanpa rem. Anda bisa membayangkan betapa bahayanya trading anda?
Stop Loss dapat juga berfungsi untuk melindungi profit yang telah anda dapatkan (lock profit). Caranya yaitu dengan mengubah posisi stop loss ke atas (untuk Buy) atau ke bawah (untuk Sell).
Pasanglah posisi SL yang sulit dijangkau oleh pergerakan harga yang ada, seperti layaknya orang tua yang menaruh barang barang berbahaya misalnya pisau atau gunting dari jangkauan anakmereka yang masih balita.
Begitu pula dengan TP yang mudah untuk diraih oleh pergerakan harga seperti layaknya anda yang pelupa menaruh barang-barang yang penting yang sering dibutuhkan (seperti kunci mobil misalnya) ditempat-tempat yang mudah untuk dilihat.

2 komentar:

  1. pasangan stop loss yang masih bisa dijangkau dalam trading di octafx cukup sekira 20 - 30 pips saja sehingga masih mampu manahan margin dengan baik dan bisa dimanfaatkan untuk OP berikutnya

    BalasHapus
  2. dengan adanya stoploss yang bisa kita kelola dan kendalikan itu akan membantu dan juga perencanaannya yang bagus, jadi manfaatkan dan pelajari segala cara untuk bisa menggunakan stoploss yang bagus, sehingga bisa membatasi kerugiannnya, dengan begitu akan sangat menguntungkan ketika trading bersama broker gainscopefx

    BalasHapus