Selasa, 29 Maret 2011

Memilih Indikator Trading

Indikator adalah dalam beberapa perangkat yang digunakan untuk memprediksi trend pergerakan harga dalam analisa teknikal. Perangkat tersebut mendasarkan pada data historis yang terjadi dimasa lampau.
Indikator diciptakan oleh banyak analis teknikal dan masing-masing memiliki tujuan tertentu. Beberapa ahli menciptakannya untuk memprediksi trend yang sedang berlangsung. Nama indikator teknikal banyak yang sama dengan nama penemunya.
Sebagai contoh: indikator bernama Bollinger Bands, diciptakan oleh John Bollinger, seorang Analis Teknikal keturunan Yahudi. Namun kalau mau diselidiki sebenarnya indikator menerapkan prinsip ilmu statistik dalam perhitungannya. Sebagian pakar juga menyebutkan bahwa dasar dari seluruh indikator adalah MA (Moving Average).
Saat ini Ada terdapat lebih dari 300 indikator yang cukup poluler yang dapat Anda gunakan dalam melakukan analisa teknikal. Namun dalam penerapannya nanti Anda hanya membutuhkan satu atau dua saja. Bukan berarti semakin banyak indikator akan semakin baik? Tidak. Yang ada adalah semakin membingungkan dan menyebabkan anda kehilangan momentum. Gunakan secukupnya saja dan mulailah terbiasa dengan beberapa indikator yang menurut Anda baik.
Saya mereferensikan MACD sebagai indikator utama. Kenapa? Karena indikator ini memiliki beberapa fungsi sekaligus, diantaranya:
1. Bisa memberikan sinyal berakhirnya sebuah wave.
2. Memberikan sinyal overbought/oversold (OB/OS) yang mengkibatkan rebound trend apabila memberikan sinyal divergen.
3. Memberikan sinyal penerusan trend dari Elliot Wave.
Namun saya menyarankan untuk meng-custom parameter MACD anda agar lebih mudah dan lebih cepat dipahami. Sehingga anda lebih cepat untuk mengambil keputusan.

masih kurang?
Mungkin anda bisa mencoba Stochastic Oscillator untuk mengkonfirmasi kondisi OB/OS.
Ada pula Parabolic SAR untuk membantu anda membaca awal sebuah wave pendek sekaligus membantu mengkonfirmasi posisi SL.
dan untuk swing trader yang mencari momentum anda bisa menggunakan MA periode 25 dan 100 di TF D1.

6 komentar:

  1. MACD parameter yang disarankan berapa ? Tks

    BalasHapus
  2. khusus parameternya sy bahas di pelatihan pak :)

    BalasHapus
  3. mau tanya,kl privat dikenakan biaya berapa ya?

    BalasHapus
  4. biaya privat 3 jt pak.
    silakan kontak sy terlebih dahulu untuk jadwalnya.

    BalasHapus
  5. dalam memilih indikator trading banyak sekali yang bisa kita manfaatkan dan sebaiknya bisa digunakan sesuai dengan gaya trading yang kita gunakan sehingga akan mendukung terhadap prediksi market, seperti juga dalam trading di octafx yang menggunakan moving average

    BalasHapus
  6. https://www.islandmediamanagement.com/wp-admin/post.php?post=8549&action=edit

    BalasHapus