Jumat, 05 Juni 2015

Trading dengan Support dan Resistance

Secara umum teknik trading ada beberapa jurus:
1. Trading dengan mengikuti tren.
2. Trading di area Range atau sideways (buy dari Support, sell di R)
3. Trading metode break out dari Range.
4. Trading metode break out mengikuti arah tren.

Teknik trading dengan metode Support dan Resistance adalah metode yang paling sederhana yang probabilitasnya cukup tinggi.

Untuk trading dengan mengikuti tren, pertama anda harus bisa mengidentifikasi tren terlebih dahulu. Pakailah teori Dow, (Higher high, higher low untuk Up tren. Dan lower low, Lower high untuk down tren). Gunakan trend line untuk mengidentifikasi level S dan R pada market yang berada dalam tren. level S dan R di dalam tren ini membantu kita untuk memprerdiksi potensi terjadinya koreksi dan kapan koreksi itu akan berakhir. Anda juga bisa membuat S dan R melalui channel. salah satu tool yang sangat saya rekomendasikan untuk membuat S dan R dalam tren adalah channel equidistant.

Namun pada tren yang sangat kuat dengan sudut sekitar 45 derajat atau lebih kita bisa menggunakan Horizontal line untuk menentukan level S dan level R, karena trend line tidak akan membantu.

Sedangkan pada kondisi market yang berada dalam range, gunakan horizontal line untuk membantu mengidentifikasi level S dan R. Termasuk juga untuk menentukan break out dari range. Pada metode break out, hati-hatilah pada kondisi False break (ini sering terjadi apabila menggunakan pending order buy stop atau sell stop).

Untuk mengurangi resiko (ingat, bukan untuk menghilangkan resiko false break) gunakan pedoman break out pada close candle).
Utamakan menggunakan TF minimal H1 untuk membuat analisa. Terakhir, hindari analisa melalui komputer tablet, HP, atau net book. Analisalah menggunakah laptop minimal 14 inch untuk mendapatkan perspektif kecenderungan harga yang lebih luas.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat untuk saya dalam melakukan trading di broker octafx untuk mengkalkulasikan semua trading sehingga profit saya makin bertambah. sekarang ini saya menggunakan akun jenis MT4 ECN di broker octafx dan saya nyaman menggunakan akun ini dengan floating spread minimal 0.2 pip tanpa ada komisi

    BalasHapus
  2. menggunakan strategi yang tepat, pastinya dalam menentukan posisi dalam trading pastinya hasil yang didapat akan berjalan sesuai plan yang disusun, mengerti akan support dan resistance kita bisa menganalisa market lebih akurat lagi

    BalasHapus